Penelitian Manusia Purba Di Padangbindu Sumatera Selatan

Advertisemen
Penelitian Manusia Purba Di Padangbindu Sumatera Selatan

AstroSiana - Di Padangbindu dilakukan penelitian di gua-gua di wilayah tersebut yang dilakukan oleh Hubert dan Jatmiko pada tahun 1999, salah satunya goa Harimau yang berada di Bukitbarisan desa Padangbindu Selatan Sumatera. Didalam goa konon terdengar auman harimau sehingga di sebut dengan Goa Harimau. Adapun goa lainnya yang juga ada di wilayah tersebut yaitu Goa Putri, Akar dan Karang Pelaluan, Selabe 1.

Banyak artefak ditemukan sepanjang Sungai Ogan. Selain goa maupun ceruk, juga dilakukan terhadap aliran sungai yang juga di temukan perkakas dari zaman prasejarah, alat-alat yang ditemukan merupakan terbuat dari fosil kayu yang berbentuk segitiga dan runcung pada ujungnya.


Terdapat 78 Kerangka Homo Sapien yang berusia 3.500 tahun lalu dan ditemukan pada tahun 2008 oleh Arkeolog Nasional. "pada kedalaman 1,2 meter penguburan Homo sapiens, ditemukan tulang belulang hewan, seperti ikan, monyet, babi, rusa, landak, badak, kerang, gading gajah, hingga kerbau. Di bagian bawahnya, terdapat artefak berupa serpihan batu obsidian, alat pipisan, dan alat tumbuk" Menurut M. Ruly yang merupakan Koordinator Lapangan Ekskavasi Goa Harimau.

Selain itu terdapat juga lukisan di dinding goa yang diperkirakan sekita 20.000-10.000 tahun lalu.
Adhi Agus Oktaviana, Ketua Tim Penelitian Goa Harimau dari Pusat Arkeologi Nasional, Kamis (29/5/2014), mengatakan lukisan dinding itu diperkirakan berjumlah 34 motif. Lukisan tersebut diduga bagian dari ritual penguburan.

Menurut Kristina Indriastuti dary Badan Arkeolog yakin bahwa penemuan kerangka manusia purba yang usianya jauh lebih tua (Pithecantropus Erectus dan Meganthropus Paleojavanicus) dapat ditemukan di Goa Putri. Seperti dilansir Mongabay.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments