Pesawat MESSENGER Telah 10 Tahun Di Luar Angkasa

Advertisemen
Pesawat MESSENGER Telah 10 Tahun Di Luar Angkasa

AstroSiana - Pesawat Nasa yang bernama MESSENGER (MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry, and Ranging) yang diluncurkan pada 3 Agustus 2004 merupakan pesawat luar angkasa yang di luncurkan di Canaveral, Florida.

Seperti dilansir Nasa.Gov - Pesawat ini telah berjalan di luar angkasa sekitar 7,9 Miliar Km, yang meliputi perjalanan ke sekitar Matahari, Venus, Mercurius dan mengorbit ke planet yang di tuju pada 2011.

"Kami telah beroperasi dengan sukses di orbit selama lebih dari tiga tahun Bumi dan lebih dari 14 tahun sebagai Mercury kita merayakan tonggak ulang tahun ke 10 yang menakjubkan ini," kata Manajer MESSENGER Mission Operations Andy Calloway, dari Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory (APL).

"Kami telah menemukan bahwa interaksi yang kompleks dari medan magnet antarplanet dengan Merkurius menghasilkan lingkungan elektromagnetik sangat dinamis sekitar planet, termasuk semburan dijelaskan elektron dan distribusi sangat bervariasi dari berbagai elemen di eksosfer tipis," tambah Nittler.

Pada ulang tahun MESSENGER dalam peluncurannya yang ke 10 tahun telah membuat film tentang pandangan di luar angkasa dan apa saja yang dilihat saat terbang di luar angkasa dalam jarak dekat. Frame dari film ini di ambil ketika MESSENGER berada pada 115 - 165 Km dengan kecepatan 3,7 Km/Detik dan resolusi gambar dari 21 - 45 Meter/Pixel.


Pada film ini dimulai dari ujung utara, timur kawah besar Gaudí, melewati dua kawah yang tidak disebutkan namanya di utara kawah Yoshikawa, atas dampak baskom besar Lismer, utara dari kawah Van Dijck, dan berakhir di dataran antara kawah Nizami dan Jókai. Banyak kawah di wilayah kutub ini diyakini menjadi tuan rumah es air di interior mereka gelap permanen.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments