Terjadinya Kenaikan Permukaan Air Laut Adalah Ulah Manusia

Advertisemen
Terjadinya Kenaikan Permukaan Air Laut Adalah Ulah Manusia

AstroSiana - Setelah dilakukan riset dari tim ilmuwan Old Dominion University dan University of Colorado. Ternyata kenaikan permukaan air laut di Barat Samudera Pasifik bukan karena alam melain adalah perbuatan manusia sendiri.

Para ilmuwan berkesimpulan dari bukti-bukti yang terkumpul, fenomena ini terjadi akibat perubahan iklim antropogenik. Terlebih lagi, mereka mengatakan bahwa permukaan laut di bagian dunia akan terus naik di tahun-tahun mendatang.

Dalam sebuah makalah di jurnal Nature Climate Change, para peneliti menjelaskan bahwa permukaan laut di lepas pantai Filipina dan utara Australia kini meningkat hingga satu sentimeter (sekira 0,4 inci) per tahun.

Seperti dikutip Softpedia. Beberapa waktu sebelumnya, mereka menjelaskan fenomena alam yang terjadi ini dikenal sebagai Pacific Decadal Oscillation (PDO). PDO mengacu pada pergeseran secara reguler suhu air yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca.

Hal ini tidak saja mempengaruhi tingkat regional, tetapi juga permukaan laut secara global. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan permukaan air laut tersebut. Diperkirakan, untuk saat ini, permukaan laut global meningkat sekira 3 milimeter (atau 0,11 inci) per tahun.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments