Riset Baru Bahwa Obat Antipsikotik Dapat Menyusut Otak

Advertisemen
Riset Baru Bahwa Obat Antipsikotik Dapat Menyusut Otak

AstroSiana - Sebuah peneliti menjelaskan temuan jurnal ilmiah Plos One yang isinya mengungkap bukti menunjukkan obat antipsikotik dapat pengaruhi ukuran otak manusia secara singkat.

Peneliti asal Finlandia dan Inggris mengklaim jika menyelidik sebelumnya otak manusia memiliki kecenderungan alami sehingga bisa mengalami penurunan volume secara keseluruhan setiap tahun dan hal itu terjadi karena disebabkan hilangnya sel-sel otak.

Tapi, dalam beberapa kasus tertentu yang dialami oleh individu, obat antipsikotik ikut berperan dalam penyusutan ini. Penurunan volume otak terjadi lebih cepat, yakni 0,7 persen per tahun dibandingkan menyusut secara alami yakni 0,5 persen per tahun.

Dari laman Softpedia menjelaskan temuan ini diambil berdasarkan data yang diperoleh dari catatan medis kepada 33 orang yang di diagnosis mengidap Skizofrenia. Orang-orang tersebut dimonitor dalam periode 9 tahun, yakni antara usia 34 hingga 43 tahun.

"Kita semua akan kehilangan beberapa jaringan otak seiring bertambahnya usia, tetapi orang-orang yang mengidap skizofrenia mengalaminya lebih cepat," kata Profesor Juha Veijola dalam sebuah pernyataan.

Dia juga mengatakan, mereka telah menunjukkan kerugian ini tampaknya terkait dengan obat antipsikotik yang dikonsumsi para penderita skizofrenia itu.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments