Arkeologi, Serangga Terbesar Ditemukan di China

Advertisemen
Arkeologi, Serangga Terbesar Ditemukan di China

AstroSiana - Arkeologi baru-baru ini berhasil menemukan serangga unik dan dipercaya serangga ini adalah serangga terbesar di dunia. Serangga ini adalah golongan Dobsonfly. Bila sayap hewan itu direntangkan, ukurannya mencapai 21 cm dan sanggup menutup wajah manusia.

Serangga terbesar yang ditemukan punya capit menyeramkan. Serangga ini ditemukan di Provinsi Sichuan, China. Dengan ukuran ini, serangga ini telah mengalahkan serangga terbesar sebelumnya, Damselfly, yang berasal dari Amerika Selatan, berukuran 19,1 cm, demikian disitat pada laman Nature World News.

Serangga air raksasa ini punya fungsi penting di lingkungan perairan. Keberadaannya merupakan indikator kualitas air. Dobsonfly raksasa sensitif pada polutan, suhu, dan keasaman. Bila perairan tercemar, serangga ini akan pindah ke tempat lain.

Saat ini, tak banyak informasi tentang golongan Megaloptera itu. Namun, ilmuwan mengetahui bahwa serangga serupa juga hidup di Assam, India, dan Vietnam bagian utara.

Hewan ini bukan satu-satunya serangga raksasa. Ada ngengat raksasa yang sayapnya mencapai satu kaki manusia. Ada pula reksa weta, serangga yang beratnya 71 gram dan sanggup memakan wortel.

Serangga raksasa yang baru ditemukan ini juga tak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan serangga pada 250 juta tahun lalu. Kala itu, capung saja bisa mencapai ukuran 76 cm.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments