NASA Curiosity Menemukan Sampel Tanah Mirip Bumi

Advertisemen
NASA Curiosity Menemukan Sampel Tanah Mirip Bumi

AstroSiana - NASA Curiosity berhasil menemukan sebuah lahan yang diperkirakan dulu planet Mars pernah hangat dan basah. Sampel ini telah menunjukkan sebuah bukti pada 3.7 juta tahun lalu iklim disana jauh berbeda dibanding sekarang demikian seorang ahli geologi Gregory Retallack mengungkapnya.

Dulu Curiosity juga menemukan lanskap Mars yang di penuhi pleh batuan longgar yang diciptakan oleh dampak atau lapisan tanah yang dibuat oleh bencana banjir. Formasi ini berbeda dengan kontur tanah yang menghaluskan permukaan Bumi.

Tapi, Retallack mengatakan bahwa gambar terakhir Curiosity mengungkapkan struktur tanah ternyata mirip Bumi. Struktur tersebut memiliki retak di permukaan yang dilapisi dengan sulfat, rongga berbentuk elips dan konsentrasi sulfat yang sebanding dengan tanah di Lembah Kering Antartika dan gurun atacama Chili.

"Foto-foto itu menjadi bukti pertama, dan nantinya akan dijadikan data penting untuk diteliti" kata Retallack demikian dilansir Space.com.

Penemuan ini berasal dari bahan kimia yang luar biasa dengan kemampuan analisis mineral dari Curiosity. Data baru ini menunjukkan tren pelapukan kimia yang jelas dan akumulasi tanah liat dengan mengorbankan mineral olivin, seperti yang diperkirakan terjadi dalam tanah di Bumi. Menipisnya fosfor dalam tanah sangat menggiurkan, karena di Bumi hal tersebut berkaitan dengan aktivitas mikroba.

Retallack memperingatkan bahwa hasil ini tidak membuktikan di Planet Merah pernah terjadi kehidupan. Sebaliknya, ia melihat hasil ini sebagai tambahan tumpukan bukti bahwa Mars tidak selalu menjadi planet gersang dan tidak ramah yang telah berlangsung selama 300 miliar tahun lalu. Dan ini bukan berarti planet Mars pernah ada kehidupan.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments