Robot Curiosity Menemukan Objek Aneh di Planet Mars

Advertisemen
Robot Curiosity Menemukan Objek Aneh di Planet Mars

AstroSiana - Robot Penjelajah milik NASA Curiosity dalam beberapa tahun ini telah berada di planet merah untuk menyelidiki keadaan disana. Baru-baru ini robot Curiosity menangkap gambar meteorit besi di daratan planet Mars. NASA memberi nama objek misterius tersebut dengan nama Lebanon.

Meteorit Lebanon yang ditemukan oleh robot Curiosity ini terlihat terkubur di hamparan pasir. Curiosity berhasil mengabadikan gambar meteorit dengan ukuran lebar dua meter pada 25 Mei 2014 demikian disitat Space.com.

Dalam pengambilan gambar, Curiosity mengandalkan teknologi berbasis energi nuklir yang dinamakan Chemistry and Camera (ChemCam). Robot NASA ini juga memanfaatkan Mast Camera (Mastcam) untuk menentukan warna dan tingkat kontras pada bodi meteorit.

Saat ini, NASA sedang mempelajari dan menganalisis bahan pembentuk meteroit besi tersebut. "Gambar menunjukkan rongga berbentuk sudut pada permukaan batu. Satu penjelasan yang mungkin ialah bahwa objek ini dihasilkan dari erosi bersama batas kristal dalam logam batu," ungkap Peneliti NASA.

Peneliti NASA mengatakan, rongga pada meteorit ini berisi kristal olivin, benda ini sangat langka dari meteorit bernama pallasites. Pada 2005, NASA Opportunity pernah menemukan meteorit serupa yang tergeletak di gundukan pasir Mars.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments