Peradaban Mohenjo Daro Yang Memiliki Jaringan Drainase

Advertisemen
Peradaban Mohenjo Daro Yang Memiliki Jaringan Drainase

AstroSiana - Peradaban Mohenjo Daro pada zaman dahulu sudah memiliki sistem drainase yang baik, terbukti dari penemuan jaringan saluran drainase yang rumit dan tertata untuk mengontrol air.

Di kota ini mempunyai monumen, kuil, serta istana yang mewah, tetapi tidak jelas jenis pemerintahan yang dipakai. Dan di kota ini masyarakatnya menggemari kebersihan, dan kesederhanaan, terlihat dari alat-alat tembaga, tembikar serta batu yang biasa saja, serta perdagangan yang ada di kota ini sangat di kontrol ketat. Kekayaan yang ada yaitu terlihat di artefak seperti carnelian, manik emas dan gading.

Seperti dilansir dari NationalGeographic. Terdapat Great Bath atau disebut dengan kolam kedap air yang berada diatas tumpukan kotoran, kemungkinan ada kuil Mohenjo Daro. Sumur-sumur dan tempat untuk mandi banyak ditemukan disini dan hampir ada di setiap rumah.

Pada tahun 1911 Mohenjo Daro dikunjungi oleh para Arkeolog, dan penggalian dilakukan sekitar 1920 sampai 1931. Penelitian dilakukan sekitar 1930 lalu pada tahun 1950 dan 1964 dilanjutkan untuk menggali Mohenjo Daro.

Kota tua ini berada di Negara Pakistan, tepatnya di Larkana Provinsi Sindh. Kota ini menjadi kota yang paling penting bagi peradaban Indus sekitar 2500 - 1900 SM.

Menurut Jonathan Mark Kenoyer dari Universitas of Wisconsin menyebutkan bahwa para arkeolog sempat merayakan sebuah penemuan patung perunggu berwujud wanita telanjang, pada tahun 1926 yang si sebut dengan Gadis Menari.

Tetapi tidak ada peneliti yang dapat menjelaskan secara terperinci hancurnya kota Mohenjo Daro.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments