XS-1, Kapal Luar Angkasa Masa Depan

Advertisemen


AstroSiana - DARPA atau badan di Amerika Serikat membuat sebuah kapal luar angkasa dengan program Experimental Spaceplane (XS-1). Program ini membuat pesawat luar angkasa baru yang lebih efisien.

Diberitakan www.darpa.mil. Desain konsep pesawat terbang ini telah telah di publish lewat video di YouTube. Terlihat pesawat luar angkasa dengan bentuk kapsul memanjang yang dilengkapi sepasang sayap, atau simak video bawah ini.


Dalam video berdurasi 31 detik tersebut, pesawat luar angkasa baru ini membawa satelit untuk dilepaskan di luar angkasa. Kemudian, pesawat tersebut kembali ke Bumi untuk mendarat seperti pesawat terbang pada umumnya.

Program XS-1 menghadirkan armada luar angkasa tak berawak yang bisa diterbangkan dari Bumi dan menempatkan satelit kecil di luar angkasa. Kabarnya, armada XS-1 dapat terbang 10 kali dalam 10 hari dan bisa melesat dengan kecepatan Mach 10+.

Program ini akan menurunkan biaya membawa muatan ke luar angkasa menjadi kurang dari USD5 juta per satu kali penerbangan. DARPA telah memberikan kontrak utama Phase 1 dari XS-1 untuk tiga perusahaan seperti The Boeing Company, Masten Space Systems dan Northrop Grumman Corporation.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments