Upaya Para Ilmuwan Menemukan Kehidupan Lain Selain Bumi

Advertisemen
Menemukan Kehidupan Lain Selain Bumi

AstroSiana - Para ilmuwan terus berusaha mencari tanda-tanda kehidupan di alam semesta, planet lain seperti bumi kita ini. Proyek pencarian kehidupan di alam semesta yang diadakan di kantor pusat NASA di Washington, difokuskan tidak hanya pada pertanyaan filosofis tentang apakah kita sendirian di alam semesta tetapi juga pada kemajuan teknologi yang dibuat dalam upaya untuk menjawab pertanyaan itu.

"Kami sangat percaya bahwa kami sudah sangat dekat dalam hal teknologi dan ilmu pengetahuan untuk benar-benar menemukan planet lain dan menemukan tanda-tanda kehidupan di dunia lain selain bumi ini" kata Sara Seager, seorang MacArthur Fellow dan profesor ilmu planet dan fisika di Massachusetts Institute of Technology.

Diberitakan cnn.com. Kepler Probe si pemburu planet yang diluncurkan pada tahun 2009 telah menemukan planet-planet dengan mencari dips di kecerahan bintang sebagai transit planet di depan bintang itu. Kepler juga telah menemukan planet pertama yang seukuran bumi yang mengorbit di zona layak huni bintang ini di daerah sekitar sebuah bintang dimana planet ini memiliki cairan di permukaannya.

Misi Kepler dibangun dengan didukung Hubble Space Telescope, yang diluncurkan pada tahun 1990 dan adalah yang pertama dari jenisnya untuk ditempatkan di ruang angkasa. Dengan Hubble yang mengorbit bumi, memungkinkan para ilmuwan untuk melihat ke galaksi jauh.

Bumi meskipun sudah berusia tua sekitar 4,5 miliar tahun, namun ini hanya sekitar sepertiga dari usia alam semesta. Dan galaksi kita terus berkembang, dengan sekitar 5 atau 10 bintang baru yang lahir per tahun di Bima Sakti kita.

Menemukan planet kecil yang seukuran bumi adalah menantang karena sebagian dari mereka hanya menghasilkan sinyal lemah, kata Dave Gallagher, direktur untuk astronomi dan fisika di NASA Jet Propulsion Laboratory, yang merupakan tantangan yang tidak membosankan untuk perburuan bumi lain atau tanda-tanda kehidupan lain selain bumi.

Apakah para ilmuwan NASA dapat menemukan tanda-tanda kehidupan lain di dalam luas alam semesta yang tidak terbatas ini? Hanya waktu yang akan menjawabnya.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments