Studi, Planet Gliese 581g Ternyata Tidak Nyata

Advertisemen
Studi, Planet Gliese 581g Ternyata Tidak Nyata

AstroSiana - Sejak ditemukan planet Gliese 581g pada tahun 2010, yang dikatakan planet ini sangat mirip dengan bumi. Planet yang mengorbit bintang Gilese 581 yang berjarak 22 tahun cahaya dari tempat tinggal manusia.

Penemuan planet itu dianggap sebagai sebuah terobosan. Gliese 581g membangkitkan harapan banyak pihak untuk bisa menemukan tempat tinggal lain bagi umat manusia. Planet itu menguatkan dugaan bahwa dunia seperti Bumi umum di alam semesta.

Namun, penemuan planet tersebut berakhir negatif. Studi tentang Gliese 581g ternyata menyatakan bahwa Gliese 581g sebenarnya tidak nyata. Obyek yang ditemukan pada 2010 lalu sebenarnya hanya ledakan magnetik dari sebuah bintang.

Dilansir redorbit.com. Paul Robertson, astronom dari Pennsylvania State University, menganalisis lagi data yang digunakan Paul Butler dan Steven Vogt, dua astronom yang mengumumkan penemuan Gliese 581g pada 2010.

Tak hanya menganalisis data planet tersebut, Robertson juga analisis data yang dipakai untuk menemukan planet lain di bintang Gliese 581, yaitu Gliese 581b, Gliese 581c, Gliese 581d, dan Gliese 581e.

Untuk mengonfirmasi, Robertson melihat emisi hidrogen alfa dan sodium dari Gliese 581g. Dari data itu ia bisa memperkirakan periode rotasi bintang dan efek aktivitas bintang pada kecepatan radial bintang tersebut.

Dengan mengetahui kecepatan radial dan gerakan, ilmuwan bisa membuat persamaan untuk mengetahui efek aktivitas bintang pada goyangan bintang. Butler dan Vogt sebelumnya menemukan Gleise 581g dengan melihat goyangan bintang akibat gaya gravitasi planet yang ada di sekitarnya.

Ledakan magnetik itu menyajikan data yang mirip dengan goyangan bintang serupa seperti yang dihasilkan oleh adanya planet. Dari sinilah Butler dan Vogt membuat kesimpulan bahwa mereka menemukan planet, padahal planet itu tidak nyata.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments