Low Density Supersonic Decelerator, Parasut Untuk Darat di Mars

Advertisemen
Low Density Supersonic Decelerator, Parasut Untuk Darat di Mars

AstroSiana - Untuk berupaya mencapai planet Mars NASA melakukan segala cara uji coba. Kini  NASA mengembangkan teknologi yang digunakan untuk misi luar angkasa masa depan. Sebuah parasut khusus telah dibuat untuk mendaratkan robot rover ke Mars.

Seperti diberitakan Space.com. sebuah parasut mirip mangkuk merupakan kendaraan yang dibuat NASA untuk mendaratkan rover ke Mars. Untuk mengangkat objek bernama Low Density Supersonic Decelerator ini, badan antariksa menggunakan 120 ribu balon dari pulau Hawai.

Low Density Supersonic Decelerator diterbangkan pada ketinggian tertentu dan dijatuhkan di atas Samudera Pasifik. Objek ini memiliki sistem pengereman atau didukung parasut untuk memperlambat kecepatan jatuh menuju permukaan.

"Apa yang Anda saksikan adalah percobaan yang benar-benar baik," kata teknisi NASA, Dan Coatta dengan Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California. Kabarnya, Low Density Supersonic Decelerator diterbangkan hingga ketinggian 50 kilometer.

Ketinggian ini menyerupai atmosfer Mars yang tipis. Parasut yang dipakai pada kendaraan ini memiliki ukuran dua kali lipat lebih besar ketimbang yang digunakan rover Curiosity. Nah, untuk Anda yang suka berita Astronomi Anda bisa menyimak lebih lanjut di web sini.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments