Kapsul Waktu Akan Diterbangkan ke Planet Merah

Advertisemen
Kapsul Waktu Akan Diterbangkan ke Planet Merah

AstroSiana - Mengubah sejarah umat manusia yang dilakukan NASA untuk tujuan ke planet merah memang cukup serius. Baru-baru ini Peneliti di MIT, Duke University, Stanford University dan University of Connecticut berencana untuk meluncurkan kapsul waktu ke Mars pada 2017. Mereka akan mengemas kapsul waktu yang berisi foto, video, audio serta pesan ke planet merah.

Kapsul waktu digital ini akan diterbangkan bersama dengan pesawat luar angkasa berbasis Cubesat. Peneliti yang merupakan mahasiswa dari Amerika Serikat ini juga berkesempatan untuk mencoba sejumlah teknologi baru untuk perjalanan ke luar angkasa.

Situs Space.com menjelaskan Direktur misi luar angkasa Emily Briere mengklaim, kapsul waktu ini bertujuan untuk mengingatkan orang bahwa peneliti akan pergi ke luar angkasa dan mendorong kemajuan umat manusia.

Peluncuran kapsul waktu ini melibatkan mesin pendorong yang dikembangkan peneliti dari MIT. Apabila kapsul waktu ini sudah mendarat di Mars, peneliti bisa menguji sistem internet di luar angkasa.

Selain itu, peneliti akan menguji teknologi storage 'quartz' yang mereka klaim bisa menyimpan data terabyte hingga jutaan tahun. Peneliti juga berencana untuk melakukan percobaan untuk memastikan astronot dalam kondisi baik selama eksplorasi luar angkasa.

Para peneliti muda ini akan dibantu dengan sejumlah organisasi seperti NASA dan penasehat seperti Buzz Aldrin. Proyek besar ini kabarnya menghabiskan dana sebesar USD25 juta.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments