Cara Menggunakan Search Engine dengan Benar

Advertisemen
Cara Menggunakan Search Engine dengan Benar

AstroSiana - Tahukan apa yang dimaksud Mesin pencari Google? Fungsi pencarian yang terdapat pada Google memang sangat membantu siapapun untuk langsung menuju informasi yang diinginkan dengan cepat dan tepat.

Namun masih banyak orang yang belum menguasai bahkan mengetahui bagaimana melakukan pencarian dengan efektif dan efisien pada search engine (SERP) tersebut, agar mendapatkan data atau bahan yang dibutuhkan.

Kutipan dari Maximumpc ini memberikan 5 tips yang dapat dilakukan untuk menggunakan mesin pencari di Google agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Cari Situs Khusus

Pertama yang dapat dilakukan agar bisa memanfaatkan mesin pencari Google dengan lebih akurat adalah menambahkan sedikit kode sederhana di depan kata yang ingin dicari tersebut.

Misalnya jika Anda ingin melakukan pencarian dengan kata kunci Maximum PC, maka Anda dapat menambahkan sedikit kode sederhana seperti "site" (tanpa kutipan). Setelah itu bisa memasukan URL situs yang ingin dicari, contohnya, "site: astrosiana.com", maka Anda akan menemukan beberapa pilihan konten situs yang lebih baik dan akurat.

Kata Kunci Spesisfik

Terkadang jika Anda ingin menemukan dokumen tertentu di Google, itu bagaikan mencari sebuah jarum pada tumpukan jerami, tahukan apa maksudnya. Hal itu bisa diatasi dengan menggunakan kata kunci yang spesifik. Misalnya jika Anda ingin mencari "formulir pendaftaran", bisa menggunakan kata depan "DOC" atau "PDF" atau tipe file yang lainnya.

Dengan demikian Anda akan langsung tertuju pada jenis file yang diinginkan tanpa harus membuang waktu lebih lama untuk menemukannya.

Kata Kunci Tambahan

Pengguna internet membutuhkan lebih dari satu sumber untuk membantunya memastikan informasi yang akurat. Akan tetapi, jika Anda ingin menemukan halaman (konten) yang mirip dengan web sebelumnya yang dijadikan sebagai sumber, bisa menggunakan kata kunci "related:" atau "terkait:" (tanpa kutipan).

Misalnya pengguna ingin menemukan konten yang tidak jauh berbeda dengan pada halaman http://astrosiana.com, bisa menggunakan kata bantu "related: http://astrosiana.com".

Gunakan Google Images

Pada umumnya pengguna internet hanya melakukan pencarian dengan memasukan kata kunci. Tapi sebenarnya Anda juga bisa mencari dengan menggunakan "gambar" pada raksasa mesin pencari tesebut.

Untuk melakukannya, Anda dapat  menggunakan Google Images, dengan masuk pada URL (http://images.google.com/imghp?hl=en), pengguna bisa melakukan pencarian gambar, dengan meng-uploadnya pada laman tersebut. Kemudian Google akan menjelajahi internet untuk menemukan gambar yang sama.

Gunakan Google untuk Menghitung

Google juga dapat dijadikan "kalkutor" sederhana jika suatu waktu Anda membutuhkannya. Misalnya jika Anda mengetik di bar pencarian 5*5 atau 10-3 lalu tekan enter, setelahnya Google akan kembali dengan hasil pencarian itu.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments